Studi Kelayakan Pertanian dan Perkebunan

studi-kelayakan-pertanian-perkebunan

SNF CONSULTING memastikan proyek pertanian dan perkebunan layak secara teknis dan finansial.

TANTANGAN BISNIS

Investasi pada industri pertanian dan perkebunan mempunyai potensi keuntungan yang besar, namun juga mengandung risiko yang perlu diperhitungkan secara matang. Parameter seperti cuaca, sumber daya, infrastruktur pendukung, dan fluktuasi harga komoditas membuat investasi pertanian serta perkebunan menjadi kompleks dan memerlukan studi kelayakan secara komprehensif.

Studi ini penting bagi berbagai pihak seperti investor, perusahaan, industri pengolahan, dan pemerintah berkepentingan dalam memastikan keberhasilan suatu proyek pertanian / perkebunan.

SNF CONSULTING berpengalaman dalam menyusun studi kelayakan proyek pertanian / perkebunan, dengan dukungan tenaga ahli yang kompeten sehingga proyek pertanian akan dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Studi kelayakan proyek menyajikan informasi menyeluruh tentang kelayakan proyek, baik dari aspek teknis, finansial, ketersediaan bahan baku, maupun potensi pengembangannya.

Lingkup pekerjaan ini meliputi survei lapangan mengenai potensi fisik di lokasi, aspek perizinan, aspek teknis, SDM, kelengkapan data pendukung lain (seperti iklim/cuaca, keadaan fisik tanah, kebudayaan masyarakat, jaringan distribusi dan aksesibilitas), kajian pustaka, serta penilaian kelayakannya.

Pelaksanaan

Sesuai dengan lingkup pekerjaan yang sudah disepakati, SNF CONSULTING akan mengirimkan tenaga ahli untuk melakukan:

  • Survei pendahuluan.
  • Pengkajian perizinan dan hal teknis maupun aspek finansial.
  • Pengkajian pustaka dan analisis.
  • Membuat kesimpulan kelayakan proyek.
  • Membuat laporan akhir dilengkapi dengan kesimpulan dan rekomendasi serta pedoman pelaksanaan dapat dijadikan acuan bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

Manfaat

  • Mendapatkan masukkan mengenai kelayakan teknis, sumber daya dan finansial suatu kegiatan atau proyek.
  • Mendapatkan rekomendasi untuk pelaksanaanya bila proyek tersebut layak maupun tidak layak dilaksanakan.
  • Dapat membantu mendapatkan investasi dari lembaga pendanaan.